Politik Komedi Indonesia #HOAXNeverending

   Hoax merupakan sebuah berita bohong yang menyebar ke masyarakat HOAX ini pernah memiliki sejarah panjang terutama Perang Dunia II, semasa NAZI terutama propaganda oleh Paul Joseph Goebbels, dia lahir pada tanggal 29 Oktober 1897 di Rheydt distrik Ruhr. Ia memiliki empat saudara yaitu Konrad, Hans, Elisabeth, dan Maria. Goebbels adalah pendukung utama Hitler juga merupakan pendukung gerakan anti-Semit yang aktif. Goebbels bergabung secara resmi dengan Nazi pada tahun 1924. Oleh Hitler, ia diberi posisi kunci sebagai Menteri Propaganda Nazi dengan tujuan menyebarkan berita bohong dan propagandanya berhasil dengan cara buatlah sebuah kebohongan dan lakukanlah maka kebohongan tersebut menjadi nyata dengan Prinsip dari tekniknya itu adalah menyebarluaskan berita bohong melalui media massa sebanyak mungkin dan sesering mungkin hingga kemudian kebohongan tersebut dianggap sebagai suatu kebenaran. Sederhana namun mematikan.

   Berita hoax pada masa kini yang diterapkan oleh pihak hingga oknum yang tidak bertanggungjawab menggunakan media massa sebagai alat dan menggunakan prinsip Goebbels merupakan sesuatu yang tidak dibenarkan dan sangat merusak kepercayaan satu sama lain dalam politik hal ini memang dibenarkan dan digunakan sebagai senjata HOAX sepertinya layaknya mata yang melihat dari sudut pandang depan tapi tidak meluas dan hanya mendengar sebagai pengolah informasinya saja, berita hoax menyerang pihak lain dengan tujuan yang mematikan dengan menggunakan TV dan radio bahkan internet.

       Hoax disebut juga sebagai fitnah dengan memelintirkan bukti dengan kebohongan dengan tujuan tertentu, HOAX ini berasal dari media Amerika Serikat yang mengemuka karena adanya beberapa berita bohong yang sengaja dibesar-besarkan dan menjadi kenyataan, sebenarnya prinsip ini sudah dikemukakan oleh menteri P.J Goebbels dengan tujuan besarkanlah kebohongan seolah menjadi kenyataan dan menjadi nyata, di Indonesia sendiri sudah mulai tampak berita seperti itu bahkan dalam pucuk pimpinan hingga mengakar ke ranah sosial kemasyarakatan hal inilah yang mengacaukan tatanan masyarakat bahkan penulis menulis ini memang tidak dengan fakta yang akurat tapi kenyataan di lapangan tampaknya seperti itu adanya.

     Pembredelan oleh pemerintah wajib dilakukan karena hal ini juga akan menimbulkan trilema antara pemerintah, rakyat dan media massa sebagai basis penyebaran informasi, mengingat bahwa media massa sekarang kurang tanggap terhadap kemajuan pemerintah karena kebebasan absolut dalam menyampaikan pendapat tapi tidak teratur disatu sisi media masa memiliki andil besar ditengah masyarakat, penulis menilai memang ada media massa yang mencari untung belaka ada juga media massa dengan jujur, kredibel dan terpecaya menyampaikan edukasi, promosi suatu event hingga keadaan masyarakat sekitar hal ini perlu terus dibenahi dengan catatan pemerintah harus mengiringi semua informasi yang ada sehingga regulasi dapat dengan mudah diatur dan diarahkan sesuai cita-cita nasional yaitu sila ke 5 yaitu keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

refernsi:
- www.wikipedia.org
- dikutip dari berbagai sumber
     

Komentar

Postingan populer dari blog ini

intel vs amd dan arm

Standar profesi ACM dan IEEE Standar Profesi di Indonesia dan Regional

Kenalan Dengan Oiran yang Berbeda dengan Geisha