Keindahan Kepulauan seribu yang Terlupakan[Enjoy Jakarta]

Kepulauan seribu terletak dibagian jakarta utara merupakan destinasi wisata laut yang sangat indah selain kepulauan natuna di Kepulauan Riau, Morotai di Maluku, Bunaken di Sulawesi, dan lain sebagainya, kepulauan, keindahan yang sangat mempesona ditengah gugusan pulau yang terpisah-pisah, terkadang keindahan ini tidak disamakan karena fakta ditengah lapangan tidak begitu indah, karena banyaknya tumpukan sampah yang menghampiri kepulauan seribu otomatis maka membuat tumbuh.

Untuk menjaga kelestarian lingkungan serta keseimbangan ekologi Pemerintah membagi gugusan kepulauan ini menjadi tiga zona:
  1. Zona pertama, diperuntukkan bagi eksploitasi sumber daya alam. Kekayaan di dalamnya bisa diambil dan dimanfaatkan sepenuhnya untuk kepentingan industri. Misalnya adalah terumbu karang mati yang dieksploitasi untuk kepentingan industri ubin teraso atau lainnya.
  2. Zona kedua, adalah pulau-pulau yang khusus disediakan untuk taman nasional atau tujuan wisata alam.
  3. Zona ketiga, ditentukan sebagai kawasan cagar alam yang dilindungi.
sehingga perlu adanya perhatian dari pemerintah serta peran aktif masyarakat sekitar sebagai tenaga penggerakan selain itu kepulauan seribu bisa dijadikan tempat tumpuan kegiatan ekonomi yang besar bila di digunakan secara baik, bila ditilik dari tinjauan sejarah yang sangat unik terletak di pulau khayangan disana terdapat benteng peninggalan belanda dan tentu saja masyarakat jakarta sangat mengenalnya alangkah baiknya dijaga bentuk warisan peninggalan tersebut dan seharusnya adanya sinergi antara dinas pariwisata dan kebudayaan supaya bisa dinikmati oleh generasi selanjutnya, selain itu di pulau onrust ada peninggalan rumah sakit dan lukisan yang indah dilukis oleh pelukis belanda bahkan disebut daerah yang tidak pernah istirahat karena ramainya jalur perdagangan pada masa VOC.

Di Pulau Kelor,  Di pulau ini terdapat peninggalan Belanda berupa galangan kapal dan benteng yang dibangun VOC untuk menghadapi serangan Portugis di abad ke 17. Disini juga terdapat kuburan Kapal Tujuh atau Sevent Provincien serta awak kapal berbangsa Indonesia yang memberontak dan akhirnya gugur di tangan Belanda.

Di Pulau Ayer,   dijuluki sebagai Mutiara Kepulauan. Luasnya kurang dari sepuluh hektare, letaknya berdekatan dengan Pantai Marina, Ancol dan dapat dicapai dalam waktu 30 menit saja dengan kapal motor. Pulau ini mulai dikunjungi sejak tahun 1950. Bahkan semasa hidupnya, mantan Presiden Soekarno menjadikan Pulau Ayer ini sebagai tempat peristirahatannya. Mantan Presiden Sukarno juga pernah mengajak mantan Presiden Tito dari Yugoslavia dan mantan Sekretaris Jenderal PBB, U Nu, berkunjung ke pulau ini. Cottage apung di atas air dengan gaya etnik papua adalah kebanggaan pulau resor yang jaraknya hanya 14 km (30 menit) dari Marina Ancol. Di pulau ini juga tersedia cottage yang terletak di pantai, fasilitas memancing di waktu malam, jet ski dan banana boat. Pulau ini merupakan salah satu pulau di Kepulauan Seribu yang mempunyai sumber air tawar.

Di Pulau Sabira  Pulau Sabira oleh Belanda disebut Noord Wachter yang berarti penjaga utara. Nama itu diberikan melihat bahwa Pulau Sabira merupakan pulau yang terletak paling utara di antara pulau-pulau lain yang ada di Kepulauan Seribu. Jaraknya dari pantai utara Jakarta 126 kilometer. Luasnya sepuluh hektare. Di sekeliling pulau ini terdapat batu karang yang berwarna putih. Tanaman terbanyak yang ada di pulau ini adalah Kelapa dan sukun. Terdapat sebuah Mercusuar  setinggi 60 meter di pulau ini. Mercusuar itu dibangun atas perintah Raja ZM Willem III pada tahun 1869. Di pintu mercusuar itu terdapat prasasti yang bertuliskan Onder de regering van Z.M Willem III Koning der Nederlander enz. opgericht voor draailicht 1869(Di bawah pemerintahan Mulia Raja William III dari Belanda dll diciptakan untuk mengubah cahaya).

Di Pulau endam dikenal sebagai Vast Licht(cahaya tetap) karena memiliki mercusuar

dan masih banyak pulau-pulau yang akan dikunjungi memang indonesia adalah negara yang kaya dengan bangsa yang beragam jenis tentu saja ini menjadi suatu prestise bahkan menjadi mahakarya bangsa diatas bangsa yang dikagumi akan keragamannya, hal ini lah yang harus dijaga, seharusnya setiap peninggalan baik mereka menjajah atau membangun harus dijaga sebagai bentuk peringatan bahkan sebagai bantuan kepada masyarakat indonesia, di pulau seribu ini juga ada makam DI/TII di pulau Onrust.
semoga kepulauan seribu menjadi ikon wisata bahari di jakarta sebagai pusat cagar budaya dan sejarah lokal yang mumpuni sehingga berguna bagi seluruh rakyat jakarta, takkan sirna sejarah dari bumi.

(sumber: wikipedia.or.id, dengan perubahan seperlunya)




Komentar

Postingan populer dari blog ini

intel vs amd dan arm

Standar profesi ACM dan IEEE Standar Profesi di Indonesia dan Regional

Kenalan Dengan Oiran yang Berbeda dengan Geisha